Persiapan untuk masa Pensiun

Table of Contents

Assalamualaikum Wr. Wb. Pagi hari ini saya menyempatkan untuk menulis beberapa unek-unek saya selama menjadi atau berprofesi sebagai buruh Pabrik Kelapa Sawit. Memang masih belum lama sih, total masa kerja saya adalah 9 tahun lebih 4 bulan. Dan sudah banyak hal yang saya rasakan selama mengais rezeki di dunia persawitan.

Waktu tersebut menurut saya sangat berharga sekali, sehingga membuat segala yang saya inginkan terkabul. Bagi yang ingin tahu dimana saja saya bekerja bisa silahkan cek di My Profil yah sobat.

Namun, saya merasakan hal lain selama bekerja. Yakni kurangnya berkumpul dengan istri dan anak bahkan orang tua saya yang sudah semakin sepuh pun saya jarang menikmati kebersamaannya. Tidak lain adalah saya memang harus mengemban sebuah profesi dimana harus meninggalkan keluarga tercinta untuk waktu yang tidak sebentar. Ya memang ini keputusan saya lepas dari Kapal besar yang sudah stabil pada saat itu.

Daihatsu Terios R
Mobil Daihatsu Terios R sewaktu di PKS PT SAM

Based from this feeling, maka di artikel kali ini saya akan memaparkan beberapa ide untuk saya pribadi jika akan melakukan program pensiun dini di diri saya sendiri. Meskipun beberapa orang pasti akan berkomentar sayang sekali dimana saat ini sedang susahnya mencari atau mendapatkan pekerjaan. But, lagi-lagi itu adalah konsekuensi saya dimana saya juga memutuskan untuk hengkang dari PT Astra Agro Lestari yang sudah membesarkan saya.

Jadi berikut ini adalah pemikiran say ajika saya pensiun dini :

1. Menjadi peternak Ayam Broiler

Usaha ternak ayam sendiri saya sudah mengenalnya sejak masa SMA dulu, yang mana pada waktu itu keponakan dari Ayah yang memulai usaha tersebut di kampung saya. Dan pada saat itu yang bertuga untuk mengawasi adalah Ayah saya dan tentu saja saya sering mengikuti beliau jika berkunjung ke Kandang Ayam milik Om saya itu.

Dan pada akhirnya uang tabungan saya dari PT Astra Agro Lestari berhasil mendirikan sebuah peternakan ayam yang pada waktu itu lahir di awal tahun 2016. Masa pembangunan dimulai sekitar bulan November 2015 saat itu.

Menghabiskan dana untuk pembangunan sekitar Rp140.000.000,- dengan kapasitas ayam adalah 4500 ekor, dilahan seluas kurang lebih 780m².

Alhamdulillah projek ini berhasil, namun saya kurang puas karena kesemuanya dijalankan oleh Ayah saya seorang diri. Mulai dari pembangunan dan sampai ke tahap operasional semua ditangani oleh Ayah saya dan ibu saya sebagai sekretarisnya dalam hal pencatatan kas keluar masuk.

Gelombang dan riak sudah dilalui masa operasional kedua orangtua saya, sehingga pada awal tahun 2022 memutuskan untuk tutup peternakan Ayam kami. Dikarenakan kondisi orangtua yang sudah lagi bukan untuk kegiatan berat seperti ini.

Berdasarkan pengalaman keluarga kami yang besar dari peternakan ayam broiler ini, maka saya sendiri bercita-cita untuk mendirikan ulang peternakan ayam broiler yang mana harus saya sendiri yang mengelolannya dari semua sisi manajemennya.

Memang sampai dengan saat ini belum ada pergerakan, dikarenakan modal saya belum cukup untuk membangun kandang ayam tersebut. Tapi semua akan berjalan jika priuk sudah diujung tanduk dan itu saya yakin meskipun ini adalah salah karena tidak ada persiapan namun hidup ini harus selalu berani mengambil resiko. Entah nanti modalnya saya meminjam ke Bank atau menjual salah satu asset ya who knows.

2. Invetasi Saham

Hal yang dilakukan saya pada saat pensiun nanti adalah melakukan investasi di sebuah saham yang sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Meski masih dalam tahapan belajar, saya yakin disini saya akan mendapatkan ilmu dan tentunya adalah rezeki.

Saya sendiri sudah memulai investasi saham secara serius pada 1 Maret 2022 sesaat saya resign dari PT Astra Agro Lestari karena disitu saya mendapatkan modal yang cukup untuk memulai invetasi ya benar saya mendapatkan uang pesangon dari Dapenstra. Modal tersebut saya investasikan di beberapa saham yang mempunyai Fundamental yang sangat bagus salah satunya adalah di saham BMTR (Global Mediacom, Tbk) yang harganya pada saat ini adalah 272 per unit, dan saham kedua adalah saham kesayangan masyarakat Indonesia yakni GOTO (Gojek Tokopedia Tbk) yang harganya pada saat ini adalah 105 per unit.

Gain selama 10 bulan saya terjun di Investasi Saham saat ini kurang lebih di angka Rp45.000.000,- dan metode yang saya gunakan tentu investasi atau swing jadi tidak akan mengganggu aktifitas saya sebagai buruh Pabrik Kelapa Sawit tentunya.

3. Food and Beverage

Untuk plan usaha saya selanjutnya ketika memasuki masa pensiun dini adalah Food and Beverage. Saya disini terinspirasi oleh budaya ngopi di Aceh, karena kebetulan saya juga sering melakukan perjalanan dinas ke Aceh sehingga menginspirasi saya untuk membuka kuliner yang bernuansa seperti di Aceh sana.

Memang beda culture, namu konsep yang akan saya jalani tentu menyesuaikan dengan culture di kampung saya.

Sampai dengan saat ini saya juga belum menemukan konsep yang pas untuk saya terapkan namun dibidang Food and Beverage inilah nanti saya akan terjun didalamnya full power untuk mengejar ketertinggalan oleh rekan-rekan yang sudah Berjaya dibidang tersebut.

4. Ekspor produk 

Ini saya benar-benar baru dan belum pernah melakukannya, hal ini saya terinspirasi oleh Manajer Finan Operational Kalimantan Selatan yang dulu sempat beliau lakukan sebelum pada akhirnya bangkrut. Jenis usaha ini di kampung saya banyak sekali untuk raw material yang bisa didapatkan. Maka dari itu saya menilai ini adalah usaha yang low budget namun menghasilkan pundi-pundi dollars.

Saat ini saya belum mempelajarinya, namun dari hasil nonton di video Youtube sebetulnya saya sudah mempunyai gambarannya untuk proses produksinya, mungkin karena basic saya adalah orang pabrik jadi saya lebih cepat memahami alur produksi bisnis tersebut.

Yang belum saya kuasai adalah untuk mengekspor produk saya ini. Tenang, semuanya memang perlu waktu untuk belajar, namun usaha yang akan saya geluti adalah usaha yang sudah pernah saya jalankan sehingga tidak perlu lagi meraba arahnya harus kemana. Bukan begitu teman-teman sekalian.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini, bagi temen-temen yang akan memberikan saya inputan silahkan saja cerita di kotak komentar ataupun ada teman-teman yang akan menawarkan pekerjaan di sekitaran Jawa Tengah dengan tangan terbuka juga saya akan menerimanya dengan senang hati.

Akhir kata wassalamualaikum Wr. Wb.


Amri
Amri Blog ini adalah buku diary sekaligus tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan yang saya ketahui. Meskipun tulisan saya masih belum rapi dan baku tapi akan selalu saya perbaiki waktu demi waktu agar para pembaca kian betah berkunjung. Selamat membaca.

Post a Comment